Social Icons

Pages

Senin, 09 Mei 2016

Mujur adalah Ilham yang Di-ikhtiar-kan

The Click Moment: Seizing Opportunity In An Unpredictable World

Published: 2012
Format:Paperback, 246 pages
ISBN: 978-0670-92239-0
Publisher:Penguin UK


Kita sudah sama paham rumus sederhana untuk sukses adalah: kerjakeras plus keberuntungan. Tapi Frans Johansson bilang, justru faktor keberuntungan berperan sangat kuat di ramuan formula tersebut. karena di situlah “momen klik” muncul.


Yang bikin buku ini lebih tebal dari jumlah halaman aslinya adalah ia bukan sekadar kompilasi teori tekstual, tapi juga memaparkan banyak studi kasus, bukti empiris, dan kisah sukses, mulai dari Starbucks, Rubik Cube, Burquini, sampai cerita cinta vampir Twilight. 

Siapa kira Stephenie Meyer dapat inspirasi nulis kisah cinta beda alam itu dari mimpi? Saya selalu mimpi tapi yang bersisa hanya jejak pulau. Mungkin ke depan saya akan perlakukan mimpi tidak sekadar bunga tidur tapi bunga sadar yang disiram, dirawat sampai indah harum mewangi. Steph bukan penulis serius macam JK Rowling. Tapi ia serius melipatgandakan potensi ilhamnya. Kuatir lupa, ia langsung tulis si ilham hingga kelar 7 halaman. Selanjutnya, kita bisa saksikan kini karakter rekaan berwujud Kristen Stewart dan Robert Pattison. Okelah, lepas dari pro-kontra kualitas novel (dan film) yang sampai disentil raja horor Stephen King, toh hikayat itu laris manis. D
isela kesibukan, seorang ibu rumah tangga mampu mengupayakan ilham yang dikaruniakan itu menjadi sesuatu yang lebih besar dan berarti.

Kita mendapati, bagaimana orang-orang sukses ini tidak melewatkan dan menganggap remeh “momen klik” saat ia datang. Mereka mensyukuri dengan mencatat, menjalankan rangkaian percobaan, merangkul sekitar, menabur banyak bibit selagi tanah gembur, untuk menuai nanti mana yang jadi. Sang pengarang The Medici Effect ini boleh bilang momen klik menyembul di antara keteracakan dan ketidakmenentuan. Tapi kita sudah sama yakin ada maha rencana di balik semua, maka tidak ada yang kebetulan. Karena Tuhan Maha Adil, kita diciptakan dengan potensi dan kesempatan masing-masing. Kita diberi jatah keberuntungan, yaitu ilham, tanda-tanda yang tersebar di alam semesta untuk mereka yang pandai membaca. Jadi "momen klik" adalah sejauh mana kita menindaklanjuti ilham yang diberikan menjadi tidak sekadar mampir dan menjadi kesuksesan. Amin.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text